Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Filter Safesearch Google Tidak Bisa Dimatikan ? Berikut Cara Mematikannya

Filter Safesearch Google Tidak Bisa Dimatikan ? Berikut Cara Mematikannya

Filter Safesearch Google Tidak Bisa Dimatikan - Saat ini, semua pasti sudah mengetahui siapa mesin pencari paling besar di dunia ini, apa lagi Google terpadu dengan handphone sejuta umat yaitu Android. Search engine ini populer dengan featurenya yang komplet dan hasil penelusuran yang paling relevan pada kemauan pencari.

Salah satunya featurenya yang lumayan menarik yaitu SafeSearch. Feature ini membuat mesin pencari bisa memblok beberapa hasil yang dipandang negatif dan merugikan pemakai. Misalnya, SafeSearch akan singkirkan beberapa blog yang dipandang tidak dapat dipercaya dan menggantinya dengan hasil penelusuran dari beberapa situs populer.

Di Indonesia, Safesearch rupanya harus dihidupkan secara tetap oleh semua internet provider lokal Indonesia. Ini sebagai satu diantara cara agresif dari Menkominfo (pemerintahan) untuk memblok semua content negatif dari hasil penelusuran Google.

Baca Juga : Cara Mengatasi Keyboard Mengetik Sendiri

Karena perlakuan agresif pemerintahan itu, maka anda tidak bisa menonaktifkan SafeSearch bahkan juga bila anda buka sisi setelan dari mesin penelusuran Google.

Tetapi, ada masanya SafeSearch tidak bekerja seperti mestinya. Ada banyak kasus yang memberikan laporan jika SafeSearch menyebabkan hasil penelusuran tidak berkaitan dan sedikit meleset. Saat ini, kami akan membagi cara untuk menangani permasalahan filter safesearch google tidak bisa dimatikan. Namun, sebelum itu, mari membahas keuntungan mematikan safesearch. 

Apa Untungnya Mematikan Safe Search?

Mungkin kamu berpikiran, "Tidakkah bagus jika content negatif diselinapkan dari situs penelusuran?". Namun, kenyataannya ada banyak keadaan di mana kamu akan berasa semakin nyaman saat feature ini tidak aktif.

1. Bisa Munculkan Lebih Banyak Hasil

Kadang, tidak semua info yang kita perlukan akan ada pada situs penelusuran. Sekalinya kita telah masukkan bermacam keyword, tetap tidak ketemu. Apa lagi, jika informasi yang dicari bersenggolan dengan beberapa topik negatif. Dengan mematikan Safe Search, ada peluang kamu bisa lihat hasil yang lebih bermacam dibandingkan saat filter itu diaktifkan.

2. Untuk Melakukan Penelitian

Tidak selama-lamanya content negatif  dihubungkan dengan hal negatif. Misalnya, bisa jadi ada mahasiswa yang ambil topik skripsi berkenaan imbas negatif atau sejenisnya. Atau, kemungkinan ada mahasiswa kesenian yang diwajibkan untuk meriset topik negatif art dan lainnya. Cara lebih efisien untuk lakukan penelitian seperti ini dengan mematikan feature SafeSearch.

3. Untuk Menghindar False Positive

SafeSearch terkadang tidak demikian tepat 100%. Kenyataannya, beberapa content negatif bisa saja bisa lolos dari filtrasi. Dan uniknya lagi, malah content yang sebetulnya tidak beresiko malah justru tidak diperlihatkan. Hal beginilah yang diberi nama dengan false positive. Jika memang usia kamu telah di atas 13 tahun, tidak ada kelirunya mematikan Safe Search untuk pengalaman browsing yang lebih bagus kembali.

Baca Juga : Perbedaan Intel Celeron dan Intel Core

Cara Mematikan Filter Safesearch Google Tidak Bisa Dimatikan

Untuk mematikan Filter Safesearch Google Tidak Bisa Dimatikan ,kami akan beri panduan cara mematikan Safe Search lewat beberapa basis sekaligus seperti PC, Android, dan Android TV.

1. PC dan Laptop

Jika kamu bisa lebih banyak habiskan waktu di depan Pc atau laptop daripada handphone, cara ini akan pas untuk anda. Pada prinsipnya semua perangkat memiliki cara yang serupa, cuma mekanismenya saja yang terkadang tidak sama. Sebagai contoh, kami akan pakai Google Chrome untuk mematikan Safe Search pada mesin penelusuran Google. Berikut beberapa langkahnya.

  • Membuka Google Chrome di PC.
  • Klik link ini, atau google.com/preferences
  • Selanjutnya, hapus tanda contreng pada pilihan Turn on safe search.
  • Cara ini sebetulnya opsional tetapi akan membantumu untuk memperoleh info yang lebih berkaitan sesuai keperluan. Ganti pilihan pada Privat results jadi Use private results.
  • Ganti pengaturan yang lain bila perlu, dan janganlah lupa click tombol Save pada bagian paling bawah untuk simpan.

Rupanya dengan lima cara barusan, feature Safe Search telah bisa dimatikan. Saat ini kamu bisa coba untuk lakukan penelusuran dan lihatlah adakah ketidaksamaan atau tidak.

2. HP atau Tablet Android

Seterusnya, cara ini cocok untuk kamu yang lebih aktif lakukan penelusuran di Google memakai perangkat handphone atau tablet yang berbasiskankan sistem operasi Android. Selainnya dari penelusuran pada browser, kamu juga bisa memakai Google lewat aplikasi.

Aplikasi Google umumnya telah ada secara standar tak perlu kamu ambil lebih dulu. Tetapi ini balik lagi ke perangkat masing-masing. Ikuti panduan di bawah untuk mematikan Safe Search pada aplikasi Google.

  • Membuka aplikasi Google.
  • Klik menu More.
  • Klik Settings.
  • Seterusnya, Buka halaman General.
  • Scroll ke bawah sedikit, dan kamu akan mendapati menu SafeSearch dengan toggle yang bisa diinteraksikan. Kerjakan tap supaya bulatannya beralih ke kiri dan warna tombolnya jadi abu-abu.
  • Pengaturan akan automatis disimpan. Seterusnya kamu tinggal perlu coba kerjakan penelusuran dan lihat adakah peralihan dari hasil penelusuran.

Tidak susah untuk mematikan feature Safe Search pada aplikasi Google di HP. Tetapi jika di handphonemu tidak mempunyai aplikasi Google, cara yang kami siapkan untuk PC bisa diaplikasikan pada browser handphone.

Baca Juga : Perbedaan Intel Celeron Dan Core i3

Tips Lain Mematikan Filter Safesearch Google Tidak Bisa Dimatikan

Jika telah mematikan Safe Search semestinya kamu dapat memakai mesin pencari dengan bebas tanpa batas. Tetapi, bagaimana jika ternyata cara di atas belum sukses untuk memperoleh hasil penelusuran yang optimal? Tenang, kami punyai beberapa panduan extra seperti berikut.

1. Matikan Safe Search Lewat Mode Incognito

Sebagai cara alternative, kamu bisa coba untuk manfaatkan model Incognito pada Google Chrome atau pada Opera. Jika di Microsoft Edge, feature ini diberi nama InPrivate. Secara singkat, feature ini berperan supaya kamu bisa lakukan searching tanpa mengaplikasikan seting pada mode normal.

Pada model Incognito, kamu akan ter-logout dari semua account, termaksud Google. Ini bisa menolong supaya proses mematikan Safe Search menjadi lebih efisien. Tinggal pencet tombol shortcut Ctrl + Shift + N pada Google Chrome dan jendela Incognito langsung akan terbuka. Disini, kamu tinggal ulang beberapa langkah pada PC atau netbook.

2. Gunakan VPN

Telah mematikan Safe Search tetapi belum mendapati hasil yang diharapkan? Wajar. Karena, Indonesia telah mengaplikasikan prosedur internet sehat yang memblok semua beberapa konten negatif. Tetapi, sama dengan Safe Search, terkadang suka ada-ada saja content atau situs biasa yang terblok.

Untuk mengakalinya, kamu bisa pakai VPN di PC atau handphone. Simpelnya, VPN ialah Virtual Private Network yang hendak membuat kamu berasa seolah tengah memakai internet dari negara lain, memakai IP yang lain. Dengan gunakan VPN, kegiatan internetmu semakin lebih susah dicari oleh ISP dan privacy juga menjadi lebih terbangun.

Ditambahkan lagi, hasil penelusuran Google akan lebih lengkap saat VPN diaktifkan. Program VPN sendiri ada yang berbayar, tetapi banyak pula yang gratis. Program VPN berbayar yang direferensikan misalkan ExpressVPN, NordVPN, dan HideMyAss. 

Nah, itulah informasi mengenai Filter Safesearch Google Tidak Bisa Dimatikan. Semoga Informasi ini bermanfaat

Posting Komentar untuk " Filter Safesearch Google Tidak Bisa Dimatikan ? Berikut Cara Mematikannya"